Mendekorasi ulang rumah mungkin menjadi salah satu resolusi awal tahun bagi sebagian orang, karena menghadirkan nuansa baru pada rumah akan membuat penghuninya selalu betah untuk tinggal di rumah tersebut. Dapur mungkin bukan prioritas utama ketika akan mendekorasi ulang rumah, karena dapur tidak menjadi pusat perhatian ketika tamu datang. Justru karena dapur digunakan setiap hari dan sering kotor, dapur harus sering kita rawat dan percantik agar tidak bosan lho! Menghadirkan nuansa baru di dapur dapat menambah semangat dalam memasak, sehingga uang yang dikeluarkan untuk membeli makanan diluar bisa dihemat untuk mendekor ruangan lainnya. Kalau masih bingung dalam mendekorasi ulang dapur, berikut beberapa desain dapur unik dan instagramable yang bisa diterapkan :

 

Scandinavian style

Desain gaya scandinavian merupakan salah satu desain yang sedang tren, apalagi dengan munculnya toko perabot yang berasal dari Denmark dengan gaya scandinaviannya. Desain gaya scandinavian sendiri memang berasal dari negara-negara di Eropa Timur seperti Norwegia, Swedia, Denmark, dan Finlandia. Pada desain gaya scandinavian terdapat beberapa elemen utama seperti material kayu, warna natural, dan furniture sederhana. Material kayu dapat diaplikasikan pada lantai dapur atau sentuhan pada kitchen set. Material kayu dapat memberikan nuansa hangat di dapur anda. Material kayu tersebut biasanya dipadukan dengan warna-warna yang lembut, monokrom, atau tidak mencolok seperti warna putih, abu-abu, dan krem. Ciri lain dari desain gaya scandinavian adalah furniturenya yang minimalis dalam paduan elemen kayu dan warna-warna natural.

 

Bohemian style

Salah satu desain interior yang cukup unik adalah desain bohemian style yang tidak memberikan kesan mewah pada desain interior anda. Sebenarnya tidak ada karakter yang pasti pada desain bohemian, karena pada dasarnya bohemian mengacu kepada kepribadian yang bebas. Namun bagi anda yang berjiwa bebas, penggemar vintage, dan gaya penuh warna, desain ini cocok untuk dicoba. Pada desain bohemian terdapat beberapa elemen penting seperti tekstil, tumbuhan, dan perabot nuansa vintage. Lantai ruangan pada desain bohemian tidak terpaku pada suatu style, namun elemen tekstil seperti karpet berwarna-warni dan bermotif menjadi hal yang wajib pada desain bohemian. Selain itu, gaya bohemian adalah gaya yang dekat dengan alam, sehingga menjadi wajib untuk menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah seperti dengan menempatkan tanaman pada pot-pot kecil di beberapa sudut ruangan. Elemen terakhir yang perlu digunakan untuk memaksimalkan gaya bohemian adalah perabot bernuansa vintage, seperti perabot dengan nuansa etnik, lukisan berwarna-warni, atau hiasan piring yang menempel di dinding.

 

Industrial

Desain gaya industrial cenderung menggunakan elemen alami dari suatu bangunan. Gaya industrial biasanya menggunakan warna-warna monokrom dan material kasar seperti logam atau baja. Sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa desain industrial terlihat suram, namun jika diterapkan dengan benar desain ini dapat memunculkan nuansa modern, sederhana, dan penuh estetika. Beberapa elemen penting dalam desain gaya industrial adalah lantai yang tidak dikeramik, sistem bangunan, dan batu bata. Ciri khas dari desain industrial adalah meminimalisasi proses finishing. Beberapa bagian bangunan dibiarkan polos atau terlihat secara natural, seperti pada lantai dan dindingnya. Biasanya, desain gaya industrial tidak menggunakan keramik atau granit pada lantainya, melainkan lantai parket atau acian. Sementara untuk bagian dinding, batu bata sering digunakan sebagai material desain gaya industrial. Batu bata dibiarkan terlihat aslinya tanpa proses finishing. Bukan hanya lantai dan dinding saja yang dibiarkan terlihat alami, namun juga sistem bangunannya. Pada desain gaya industrial, biasanya pipa atau kabel-kabel dibiarkan terekspos dengan tujuan estetika.