Melakukan perencanaan mendetail sebelum berangkat liburan ke luar negeri sangat penting agar tidak kebingungan dan tersesat saat sudah tiba di negara tersebut.  Namun, meskipun sudah melakukan perencanaan yang detail, seringkali muncul hal-hal tidak terduga ketika liburan ke luar negeri. Saat melakukan liburan di luar negeri banyak kendala yang dihadapi karena kita tidak mengenal tempat tersebut dengan baik seperti bingung mencari tempat wisata, kendaraan, mencari tempat makan, hingga kendala bahasa. Namun saat ini ada berbagai aplikasi yang siap membantu kita ketika liburan ke luar negeri.

 

  1. Google Translate

Google Translate merupakan aplikasi wajib pertama yang perlu diinstall di handphone sebelum liburan ke luar negeri. Google Translate akan membantu mengatasi kendala berbahasa ketika liburan ke luar negeri, apalagi di negara-negara yang yang penduduknya tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya dan masih minim papan informasi dalam Bahasa Inggris. Google Translate memiliki fitur kamera yang dapat membantu menerjemahkan suatu kalimat secara mudah, yaitu hanya dengan memotretnya. Selain itu, Google Translate dapat  digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lokal yang bahasanya sulit dipahami. Cukup dengan menuliskan kalimat yang ingin diutarakan, kemudian Google akan mentranslatenya, dan hasil translate kalimat tersebut dapat diputar dalam bentuk audio.

 

  1. Google Maps

Masih dalam keluarga Google, aplikasi yang tidak kalah penting untuk di-download ketika liburan ke luar negeri adalah Google Maps. Agar tidak kebingungan dan tersesat ketika mengunjungi suatu tempat untuk pertama kalinya, jangan sungkan untuk minta bantuan dari Google Maps. Selain memberikan petunjuk arah yang dibutuhkan,  Google Maps juga dapat menginformasikan detail perjalanan seperti jarak, durasi waktu, bahkan stasiun atau halte yang akan dilewati.

 

  1. XE Currency

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika liburan di luar negeri adalah membeli oleh-oleh dari negara tersebut atau sekedar belanja di brand tertentu yang tidak masuk di dalam negeri. Agar dapat mengontrol pembelanjaan dan tidak melebihi budget, kita harus dapat menghitung pengeluaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengkonversikan harga barang dari mata uang lain ke mata uang Rupiah sebelum membeli, agar bisa menahan budget. Salah satu aplikasi yang dapat mempermudah konversi mata uang adalah XE currency.

 

  1. YELP

Selain tempat wisata, hal penting yang menjadi kewajiban ketika liburan di luar negeri adalah mencicipi makanan khas negara tersebut. Mungkin anda sudah tau makanan apa yang ingin dicicipi, namun bingung untuk menentukan dimana tempat yang tepat untuk mendapatkannya. YELP akan membantu merekomendasikan tempat makan pada lokasi di sekitar kita, sehingga akan sangat membantu dalam berwisata kuliner ketika sedang berlibur di luar negeri.

 

  1. Show Around

Berkunjung ke sebuah tempat baru yang masih asing tentu akan menjadi kesulitan sendiri, namun tidak jika mendapatkan arahan oleh warga lokal dari negara tersebut. Jika anda ingin berkenalan dengan warga lokal dan meminta arahan dari mereka, anda dapat menggunakan aplikasi show around. Aplikasi tersebut akan mempertemukan anda dengan warga lokal dari negara tersebut yang bersedia untuk menjadi travel buddy anda. Anda dapat memilih berdasarkan gender, umur, serta harga yang ditawarkan. Tidak jarang juga yang bersedia menemani secara cuma-cuma, alias gratis. Jika belum yakin mengenai kredibilitas orang tersebut, terdapat review yang dapat dibaca dari turis yang sudah pernah menjadi travel buddy mereka.

 

 

 

 

  1. Ticketing platform

Aplikasi tiket online sangat berguna untuk pemesanan tiket masuk ke suatu tempat wisata karena biasanya pada platform seperti ini harga tiket akan mendapatkan potongan diskon. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan jika membeli langsung pada loket penjualan tiket. Selain keuntungan dalam mendapatkan potongan diskon, anda dapat menghemat uang cash anda karena pembayaran pembelian pada platform tiket online menggunakan transfer.

 

  1. Aplikasi Theme Park

Jika anda berencana pergi ke negara yang memiliki theme park ternama seperti Disneyland atau Universal Studio, tentu jangan sia-siakan kesempatan untuk berkunjung. Sebelum datang berkunjung, ada baiknya anda mendownload aplikasi theme park tersebut. Beberapa theme park ternama sudah memiliki aplikasi yang memberikan informasi seputar peta theme park, informasi wahana, serta durasi waktu tunggu. Ketika sedang high season, untuk bermain di satu wahana saja anda bisa mengantri sekitar satu jam lamanya. Agar waktu anda tidak terbuang sia-sia dan bisa menikmati semua wahana, ada baiknya untuk menentukan strategi terlebih dahulu dengan mempelajari dari aplikasinya.

 

Ternyata saat ini mendownload aplikasi yang berguna menjadi salah satu to-do-list yang harus dilakukan sebelum traveling ke luar negeri agar liburan anda bisa lebih nyaman dan praktis. Selamat mencoba ketujuh aplikasi tersebut dan happy holiday!